RSS

Sawadeekaa...Welcome to Bangkok (Part 3)

Ternyata....cerita perjalanan yang cuma tiga hari itu panjang juga ya? Padahal rasanya cepet banget. Tau2 udah selesai aja liburnya. :P
Hari kedua di Bangkok rencananya kami mau ke Grand Palace sama Wat2. Wat Pho dan Wat Arun aja sih tepatnya. Trus kalo masih ada sisa waktu ya ntar kemana gitulah.
Pagi2 kami sarapan. Namanya hostel yaaa....sarapannya ya gitu deh. Udah lumayan banget dapet sarapan. Standar aja sih. Susu, sereal, roti, sosis dan nasi goreng. Cuman karena ragu2 sama halal-nggaknya si nasi goreng dan sosis, aku pilih sarapan sereal.
Abis sarapan, kita langsung jalan kaki ke BTS. Di tengah jalan situ ada orang yang kayaknya lagi pasang tenda buat persiapan pemilu. Milih caleg kali ya kalo di sini. Saphaiphae hostels ini deket banget sama Surasak Station. Jadi kalo mau ke Grand Palace tinggal naek BTS ke Saphan Thaksin. Cuma satu stasiun. Dari BTS, jalan dikit ke dermaga (Sathorn Pier). Dari dermaga tinggal naek perahu yang berbendera orange. (Wkwkwk...setelah lewat gampang banget ngomong tinggal naek boat berbendera orange. Padahal pas udah sampe sana kita bingung banget mau naek apa. Apalagi pas liat antrian orang2 yang kayaknya ikut tour gt. Sampe kelewatan satu kapal berbendera orange. Untung abis itu ketemu sama orang sama2 backpacker dari Indonesia yang sama2 sok tau. Jadi ikut aja. Trus nguping juga pembicaraan bule sebelah. Mau ke Grand Palace juga dia :D)
Naik boat ini cuma bayar 15THB. Bayarnya di atas boat. Oh ya..kapal dengan bendera orange ini berhenti di tiap pier. Dan kayaknya selalu penuh dengan penumpang. Wong ada yang berdiri segala. Untung kami dapet tempat duduk.
Untuk sampe ke Grand Palace, kami turun di pier Ta Chang (nomer 9). Jangan kuatir, biasanya kernetnya (duh...apa ya istilahnyaa...) tereak2 grand palace...grand palace gt. Ato cukup liat di tiap dermaga. Biasanya ada tulisan nama dermaganya.
Turun dari kapal kami mengekor para turis melewati lorong-lorong pasar. Setelah melewati pasar baru kerasa kalo bangkok ituuuu..panas  banget. Oh iyaa....Grand palace ini terdiri dari beberapa pintu. Dan memang yang dibuka cuma satu. jadi, jangan percaya kalo ada scammer yang bilang Grand Palace tutup. Kita sih gak ketemu ama scammer itu yaa...tapi banyak blog2 yang pesen gitu.
Masuk ke Grand Palace gak boleh pake celana pendek dan/ato tank top yaa... Jadi kalo mau kesana mending pake baju yang ada lengannya dan pake celana panjang/rok agak panjang. Kalo udah terlanjur sih ya gak papa. Paling disuruh pake jubah yang kayak piama gt atau pake selendang. Tp kalo pake jubah yg kayak piama itu nggak keren banget dech buat foto2. Wkwkwk....
Untuk masuk ke Grand Palace itu tiket masuknya 500baht. Agak jauh gitu tempat buat jual tiketnya. Dengan 500baht itu kita bisa masuk ke Grand Palace, museum textil Queen Sirikit, sama museum coins and decoration.
Areal Grand Palace sangat luas. Banyak obyek disana. Amaze banget si waktu ngeliat bangunan dengan ornamen2 yang setil begitu. didominasi warna emas dan biru. Masuk GP udah disambut dua patung raksasa. Trus yg terkenal dari Grand Palace ini sih emerald buddha yang dilatakkan di tempat yg tinggi di ubosoth. Patung budha dari batuan berwarna hijau. Ntah batu apa. Mungkin batu giok. Tiap ganti musim, jubah yang dipakai patungnya juga disesuaikan. Katanya ada ritual khusus untuk mengganti jubahnya di tiap awal musim. Kita taunya sih waktu mengunjungi musium koin. Disana kesimpen patung2 buddha yang akan diletakkan di wat phra keow. Sayang...di dalem ubosoth nggak boleh foto2. Jadi nggak bisa deh berbagi gambar kemegahan di dalemnya.
Di Grand Palace inilah kami mulai merasakan panasnya Bangkok. Baru keliling separo aja udah kerasa panasnya bukan main. Makanya setelah dari museum koin kami memutuskan untuk ke museum textil yang ada ACnya. Adeeemmm..... Di museum textil ini dipamerin baju2 yang pernah dipake sama Ratu Sirikit. Sayang nggak boleh moto2 juga disini. Jadi ya muter2 aja sambil ngadem.
Keluar dari GP, kami mau ke Wat Pho yang terkenal dengan reclining Buddha-nya. Awalnya sih niatnya ke sana jalan kaki karna menurut info letaknya deket sama GP. Cuma karna GP itu geday banget jadi jalannya ya lumayan. Akhirnyaaa....setelah minum aer kelapa muda di pinggir pasar kami memutuskan untuk naek tuk2 aja. *backpacker palsu*
Sampai wat pho...setelah membeli tiket kami ngadem dulu di bawah pohon. Setelah itu baru lanjut ke reclining budha yang super gede. Orang2 berebut cari angle yg pas buat mengabadikan patung Buddha tidur ini secara utuh. Di belakang patung ini, ada bejana2 berjajar. Katanya sih untuk keberuntungan. Buat yg nggak bawa koin, jangan kuatir karna ada tempat buat nuker uang kertas jadi koin.
Dari Wat pho kami bergegas ke dermaga untuk mencari penyeberangan ke Wat Arun. Sempet salah dermaga. Untung kami bebarengan dengan turis lain. Jadi ikut aja deh. Gak usah pake nanya sama preman2 pasar yg serem. :D
Sampai Wat Pho...berasa lagi itu matahari yang menyengat. Sambil duduk di tempat yang disediakan, kami melihat2 situasi, mencari2 apa yang bisa dilihat disana. Dan kami cuman cengengesan liat turis2 pada naik ke atas pagoda yang tinggi banget. Rasanya perlu menyiapkan mental untuk menaiki tangga2 yang makin tinggi makin curam itu. Setelah mental siap kamipun bergegas. Udah sampe disini sayang kalo ngga naik.Ternyata ya naiknya itu emang butuh tenaga dan nyali. Makanya, setelah turun kami memutuskan untuk balik hotel dan tidur. Sore batu keluar lagi. Wkwkwk... *backpacker manja*
Sorenya, kami beneran berangkat. Ke Asiatique ceritanya. Berarti kami balik lagi ke dermaga yg tadi. Trus naek boat gratisan yang ke Asiatique. Di sana kami beli es krim turki. Terpesona sama keahlian si tukang es krim.
Trus lagi2 kami duduk2 aja sambil makan es krim. Bingung agendanya apa di Asiatique. Karna pilihannya nggak banyak. Makan, belanja atau naik Flyer. Akhirnya kami memutuskan untuk naek flyer. Pengen liat Bangkok dari atas. Setelah dari Flyer kami memutuskan untuk belanja oleh2.  Keripik durian dan Kaos thailand. Iya...kami memutuskan belanja oleh2 di sini, rasanya nggak sempet lg karna besok kami harus ke Pattaya.
Selesai belanja...kamipun balik hotel karna takut chao phraya expressnya udah habis. :D
Goodnight...sampai ketemu besok dalam perjalanan menuju Pattaya....